Advertisement

Tuesday, September 15, 2015

Solusi Kehidupan


Hidup seperti hutan belantara yang sangat lebat. Lebatnya belantara hidup membuat hidup terkadang menjadi liat, keras dan saling mengalahkan. didalam semua denyut kehidupan itu manusia terikat dengan serabut-serabut panjang dan saling berhimpitan.Sedang pangkalnya adalah genggaman tangan-tangan Allah SWT.

Ketergantungan kepada Allah SWT seharusnya tidak hanya pada saat seseorang di uji oleh masalah yang berat. Jangan menunggu menghadapi kondisi yang sangat memukul serta tidak perlu menanti sampai kita jatuh terpuruk hingga merasa tak berdaya menghadapi berbagai ujian. Rasa ketergantungan kepada Allah SWT , rasa pasrah serta Tawakkal dan bersandar penuh atas kehendak Allah SWT harus ada setiap saat.

" Ketahuilah, Takdir itu tidak berjalan menurut rencana kita. bahkan kebanyakan yang sering terjadi adalah apa yang tidak kita rencanakan. dan sedikit sekali terjadi dari apa yang kita rencanakan " Ujar Ibnu Athoillah, Shohibul Al Hikam.

Salah satu cara untuk mengurai kesulitan-kesulitan yang sedang mendera hidup kita adalah dengan membaca Surat Al Insyirah ( Alam Nasyroh ) sebagai wasilah. Tidak salah jika Abuya Sayyid Muhammad  Al Maliki Al Hasani mengatakan, " Diantara jalan keluar bagi orang-orang yang sedang menghadapi kesulitan, hendaknya ia  gemar membaca surat Al Insyirah terutama setiap selesai melakukan shalat fardhu agar kesulitan-kesulitannya diberikan jalan keluar oleh Allah SWT dan rezekinya pun diperluas juga oleh-Nya ".  ( Abwabul Faraj, hal xx )

Jika kita benar-benar memperhatikan musibah dan kesulitan yang Allah SWT takdirkan, niscaya kita akan mendapati bersamaan dengan setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan yang mengiringinya. Ini adalah sebuah kenyataan dan merupakan Janji Allah SWT dan tidak ada keraguan atas Janji Allah tersebut.

Allah SWT menimpakan musibah dan mentakdirkan kesulitan bukanlah untuk menyulitkan hamba-Nya, apalagi menzholiminya. Maha Suci Allah dari hal yang demikian itu. tetapi musibah dan kesulitan itu adalah sebagai ujian yang manfaatnya akan kembali kepada hamba yang mengalami ujian tersebut dan yang kebanyakan terjadi adalah kesulitan sihamba itu datang karena ulah sihamba itu sendiri.

Dan perlu kita sadari juga bahwa kemudahan ini terkadang berupa kesuksesan yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya dalam menghadapi kesulitan tersebut dan terkadang kemudahan itu datang berupa kelapangan dada untuk sabar da ridho menerima takdir dan segala kehendak Allah SWT. Sehingga Janganlah kita berprasangka buruk kepada Allah SWT ketika kita sedang menghadapi musibah atau mendapati kesulitan-kesulitan.
Dengan wasilah Surat Al Insyirah, masihkah kita meragukan pertolongan dari Allah SWT ???

Sumber : Majalah Mafahim edisi 21,  oleh Ust Ayyub Syafi'i

Seandainya kesulitan itu masuk kedalam kandang harimau
Niscaya kemudahan juga akan ikut masuk kedalam dan kemudian mengeluarkannya




0 comments: